Dalam Cara Mengasah Daya Ingat, peluang kita untuk mengingat adalah paling baik ketika informasi meliputi satu dari delapan unsur berikut ini, yang terdiri atas indra, intens, emosional, lain sendiri, kemampuan untuk bertahan, keutamaan pribadi, pengulangan, serta pertama dan terakhir.



Untuk menciptakan asosiasi yang paling tepat, fokuskan pada delapan kata berikut ini dan perhatikan artinya.

Indera

Hal ini tampak menyederhanakan, tetapi keterampilan pertama yang perlu kita pelajari hanyalah memperhatikan. Mengapa? Karena akan sulit mengingat sesuatu kalau kita tidak memperhatikan dari awal. Dengan menggunakan kombinasi diantaranya :
  • Penglihatan (mata)
  • Bunyi (telinga)
  • Gerak (tangan dan kaki)
  • Bau (hidung)
  • Rasa (lidah)
Kalau indra diatas semuanya digunakan dengan baik, akan tercipta memori yang kuat.

Intens

Inten untuk membuat kesan yang bisa di ingat intenskanlah hal-hal yang bersifat absurd, penuh warna, berlebih-lebihan, dan imajinatif.

Lain sendiri

Gunakan kualitas yang berbeda, seperti semua orang menggunakan baju warna hitam, kecuali satu orang yang mengenakan baju putih, ini hanya untuk membedakan.

Emosional

Kesan yang bermuatan cinta, kebahagiaan dan kesedihan mudah untuk di ingat. DEngan menggunakan kesan dari perasaan hangat, perasaan yang membuat jantung kita berdegup kencang dan memancarkan kebahagiaan, akan membantu memori dan pandangan kita.


 Kemampuan untuk bertahan

Seperti yang kita tekankan, AMBK (Apa Manfaat Bagiku) yang kuat dan terikat pada kemampuan bertahan kita disuatu wilayah akan meningkatkan motivasi kita untuk mengingat.


Keutamaan pribadi

Gunakan asosiasi pribadi terhadap kehidupan kita seperti anggota keluarga, seperti :
  • Rumah
  • Kantor
  • Teman
  • Peristiwa
dengan hal-hal yang istimewa bagi kita.

Pengulangan

Kebanyakan kita belajar dengan membaca berulang-ulang. Beberapa informasi menempel selama waktu singkat, mungkin cukup lama bagi kita sampai pada saat ujian atau memberikan presentasi, tetapi kita melupakannya begitu saat-saat itu berlalu. Selain itu, cara efektif  untuk memanfaatkan pengulangan adalah berkonsentrasi secara penuh pada materi yang sedang dipelajari dan mengulanginya dengan cara yang berbeda dan kreatif seperti pengucapannya keras-keras dan membuat peta pikiran.

Pertama dan terakhir

Jika membaca daftar beberapa benda, kita paling mungkin mengingat benda pertama dan yang terakhir dalam daftar tersebut. Ketika diperkenalkan dengan kelompok teman-teman baru, kita biasanya paling ingat nama orang yang kita temui pertama kali dan nama orang yang kita temui terakhir. Misalnya, menyadari bahwa bagian awal dan akhir sebuah film akan melekat dalam pikiran, tetapi kita sering lupabagian pertengahannya.

Nah pemirsa sekian penjelasan cara mengingat dengan menggunakan indra. dalam sesi selanjutnya kita akan bahas cara mengingat selanjutnya.