Tips cara menghapal dengan cepat, Nah mungkit banyak orang ingin sekali bisa cepat menghafal sesuatu yang ingin kita ingat. Teknik menghapal cepat dari segi teori memang kedengarannya gampang, tapi belum tentu bisa juga ketika sudah diperaktekan, nah kalian jangan putus asa di dunia ini tidak ada yang mustahil pasti kalian bisa.


Bagi para siswa pasti menginginkan dirinya bisa menghafal pelajaran disekolah, apalagi pelajaran yang menuntut untuk dihapal seperti (biologi, kimia, geografi, ekonomi, dan lainnya). Sayangnya, hampir semua pelajaran harus dihafal. Namun, menghafal bukan pekerjaan yang mudah dilakukan.

Beberapa orang sempat mengatakan bahwa pelajaran tertentu sangat sulit karena banyak hapalannya, "Saya tidak suka pelajaran itu, mau bolos aja ah..." katanya. Namun, masalah tersebut tidak dapat berhenti disitu saja, menghindar dari pelajaran tersebut bukanlah solusi yang tepat. Lalu.

Bagaimana kiatnya supaya kita mampu menghafal dengan cepat?

Nah kami akan memberikan kiat atau teknik menghapal dengan cepat. Sebelum membahas lebih jauh teknik menghapal dengan cepat. Kita coba untuk mencari tahu tentang kemampuan otak terlebih dahulu.

Kemampuan memori otak manusia ternyata sangat besar sekal kapasitasnya. Jika memori ini digunakan untuk menghafal seluruh atom di alam semesta, kapasitas memori di otak kita masih bersisa banyak sekali. Persoalannya, apabila kita memiliki kapasitas memori otak sedemikian besar mengapa kita sering lupa? Atau kadang-kadang ingin menghafal sesuatu begitu sulit? Kita perlu membedakan istilah menghafal dengan daya ingat.

Makanan-makanan Pendongkrak Kecerdasan Otak

Bila anda bingung makanan apa saja yang sebaiknya anda berikan untuk asupan gizi otak, berikut ini ada beberapa makanan yang dijuluki sebagai "brain food" dimana makanan-makanan ini dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat serta merangsang pertumbuhan sel-sel otak. Apakah saja itu?
  1. Ikan Salmon "Ikan berlemak ini adalah sumber terbaik dari asam lemak omega-3 (DHA dan EPA) yang berperan penting terhadap pertumbuhan dan perkembangan otak".
  2. Telur "Telur telah lama sebagai sumber penting protein yang mudah di dapa dan harganya pun cukup terjangkau. Walaupun mengandung kolestrol bagian kuning telur ternyata kaya akan kolin, yakni suatu jat yang bisa membantu perkembangan daya ingat atau memori.
  3. Kacang Tanah "Kacang tanah diketahui kaya akan vitamin E, antioksidan yang berperan dalam melindungi membran-membran sel saraf. Bersama tiamin, Vitamin E akan membantu sel saraf dan otak untuk penggunaan glukosa sebagai kebutuhan energi.
  4. Gandum Murni "Otak membutuhkan persediaan atau suplai glukosa dari tubuh yang sifatnya stabil atau konsen. Gandum murni memounyai peran untuk mendukung kebutuhan itu, serat yang terkandung didalamnya bisa membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Makanan ini juga memiliki kandungan vitamin B yang berguna dalam memelihara kesehatan sistem saraf.
  5. Oat "Oat atau oatomeal adalah sejenis sereal, oatomeal merupakan sumber nutrisi penting bagi otak, dan oat mampu menyediakan energi buat otak. Adapun kandungan didalam oat tersebut seperti seng, potasium, vitamin B, dan vitamin E dapat membuat pungsi tubuh dan otak berfungsi pada kondisi prima.
  6. Sayuran Berwarna "Wortel, bayam, labu, ubi jalar, dan tomat merupakan sayuran-sayuran brnutrisi dan antioksidan membuat sel-sel otak jadi lebih kuat dan sehat.
  7. Daging Sapi Tanpa Lemak "Daging sapi tanpa lemak merupakan sumber makanan yang kaya akan zat besi. Zat besi adalah mineral esensial yang dapat membantu berkonsentrasi dan tetap berenergi. Daging sapi juga memiliki kandungan mineral lain seperti seng yang dapat membantu menjaga daya ingat.
  8. Susu dan Yogurt "Makanan-makanan dari produk susu cenderung mengandung vitamin B dan frotein yang tinggi kedua jenis nutrisi penting ini dapat membantu pertumbuhan jaringan otak, enzim dan neurotransmitter. susu dan yogurt juga bisa membantu perut kenyang karena kandungan karbohidrat dan proteinnya sekaligus menjadi sember energi untuk otak.
Selanjutnya