Nah gan... Bagaimana manusia bisa bergerak ?Rupanya, didalam tubuh ada suatu rangkaian sistem ajaib yang bekerja sama sehingga manusia dapat bergerak, yaitu otot. Tanpa otot, manusia tidak dapat menggerakan tulang-tulangnya, tidak dapat tersenyum, tidak dapat membuka mulut dan lain sebagainya.

Selai itu, ototpun memiliki peran sebagai penopang rangka terhadap gaya gravitasi. Adapun suhu normal pada tubuh juga sangat dipengaruhi oleh kontraksi otot yang menghasilkan panas.


Ciri-ciri Otot

Otot manusia memiliki ciri-ciri sebagai berikut: Bentuknya dapa berkontraksi (mengerut dan menegang). Kondisi itu disebabkan, molekul-molekul protein yang membangun otot dapat memanjang dan memendek, pada saat santai otot dapat meregang melebihi ukurannya. Jika ada rangsangan dari saraf, otot dapat memberikan tanggapan dengan kuat. Otot pun dapat mudah berubah kembali ke keadaan semula setelah memenjang atau memendek.

Sistem otot dikontrol oleh sistem saraf (secara sadar dan tidak sadar). Namun, ada diantara organ tubuh manusia yang ototnya bergerak secara berdiri sendiri (otonom) misalnya otot jantung.

Otot terletak di bawah kulit. Otot terdiri dari kumpulan sel yang berbentuk serabut. Kumpulan serabut itu dalam kehidupan sehari-hari sering disebut daging. Sel otot dibedakan menjadi sel otot polos, sel otot lurik, dan sel otot jantung.

Jenis-jenis Otot

Otot Polos,  dalam keadaan istirahat, serat otot polos merupakan sel panjang, berbentuk gelondong, meruncing di kedua ujungnya dan mempunyai bagian tengah yang lebih lebar, tepat letak intinya. Sel otot polos membentuk lapisa-lapisan otot pada pembuluh darah, saluran kelamin, saluran ekresi, dan dinding usus. Otot ini disebut juga otot involunter (gerakan tak disadari). Kontraksi otot polos lamban dan kuat.

Otot polos terdapat pada dingding saluran cerna, sistem pernafasan, sisem reproduksi, pada arteri dan vena, pembuluh limfe, uterus, sirkulasi darah, dinding tuba, kandungan kemih.

Otot Jantung

Otot yang strukturnya menyerupai otot lurik, tapi gerakannya involuntir hanya terdapat pada otot jantung. Tepatnya pada lapisan tengah dinding jantung. Otot ini memiliki peranan memompa darah ke luar jantung. Kontraksinya kuat dan berirama.