Nah gan terima kasi kalian udah setia manco di web kami, mungkin artikel-artikel kami sangat bermanfaat buat kalian. Dalam pembahasan kali ini kita akan membahan tentang Sistem Integumen mungkin kalian bertanya-tanya.

Nah dalam pengetahuan tentang anatomi tubuh manusia ada yang disebut sistem integumen merupakan sistem yang membedakan, memisahkan, melindungi, dan menginformasikan terhadap lingkungan sekitarnya. Sistem ini meliputi kulit, rambut, kuku, kelenjar. Integumen berasal dari bahasa latin "integumen" yang berarti penutup. Sistem ini terdiri dari kulit, rambut, kuku dan kelenjar.



Kulit

Lapisan terluar pada tubuh manusia adalah kulit. Kulit merupakan organ terbesar pada tubuh. Bagian-bagian kulit dibagi menjadi 3 bagian:

  • Epidermis. Jaringan ini terletak pada bagian terluar kulit. Jaringan ini tidak memiliki pembuluh darah. Sel-sel jaringannya sangat rapat.
  • Dermis. Lapisan kulit yang berpengaruh keelastisitasan dan kehalusan kulit. Lapisan ini pun berfungsi mensuplai makanan untuk lapisan epidermis. Selain itu juga berfungsi sebagai fondasi bagi kolagen serta serat elastin.
  • Hypodermis. Lapisan ini mengikat kulit secara longgar dengan organ-organ yang ada dibawahnya. Lapisan ini mengandung banyak lemak, pembuluh darah, dan ujung saraf. Kulit sangat sensitif terhadap pengaruh lingkungan sekitar, seperti panas matahari, debu, dan asap.

Rambut

Rambut tumbuh diseluruh tubuh. Namun, sebagai besar rambut tersebut adalah rambut vellus yang kecil dan tidak berwarna. Adapun rambut yang tampak terlihat jelas disebut rambut terminal. Rambut terdiri dari akar dan batang yang tersusun atas kutikel, korteks, dan sebuah medula.

Kuku

Kuku merupakan lempengan keratin keras yang terletak di dasar kuku. Kulit ari pada pangkal kuku berfungsi melindungi dari kotoran. Salah satu fungsi kuku melindungi ujung jari yang lembut dan penuh urat saraf, serta mempertinggi daya sentuh. Kuku terbentuk dari keratin protein yang kaya akan sulfur. Pembuluh kapiler pada kulit dibawah kuku memiliki banyak suplai darah kuat sehingga menimbulkan warna kemerah-merahan. Kuku merupakan bagian terkeras dari tubuh karena kandungan airnya sangat sedikit. Pertumbuhan kuku jari tangan dalam satu minggu rata-rata 0,5 - 1,5 mm, empat kali lebih cepat dari pertumbuhan kuku jari kaki. Pertumbuhan kuku juga dipengaruhi oleh panas panas tubuh.

Nutrisi yang baik sangat penting bagi pertumbuhan kuku. Sebaliknya, kalau kekurangan gizi atau menderita anoreksia nervosa, pertumbuhan kuku sangat lamban dan rapuh. Nutrisinya disuplai oleh pembuluh darah.

Nah sekarang kalian tahu apa itu sistem integumen, mungkin dalam penjelasan dari artikel kami sangat bermanfaat bagi kalian, dan sampai bertemu lagi dalam penjelasan-penjelasan artikel.

Selanjutnya,