Tahukah kalian? dalam Fungsi otak kita mampu merekam dan menyimpannya setiap kita berpikir nah otak memerlukan asupan gizi yang baik.



Rekaman Memori Otak

Otak tidak hanya berfungsi sebagai alat berpikir dan berimajinasi tentang sesuatu. Namun, otak juga berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan/merekam informasi yang diterima, baik melalui berpikir, membaca maupun dari pengalaman hidup. Menyimpan informasi, lalu kita temukan kembali dari dalam otak kita kita secara lisan atau tulisan.

Mngingat

Otak manusia untuk lebih sederhananya seperti komputer yang bisa menyimpan informasi, kemudian kita bisa temukan kembali informasi itu di folder ditempat kita simpan. Misalnya, segala tindak-tanduk kita sehari-hari bisa direkam oleh otak melalui penangkapan kesan oleh pancaindra seperti :


  • Pendengaran
  • Penglihatan
  • Penciuman
  • Perasa
  • Peraba 

    Dan di teruskan ke otak dan kemudian disimpan sebagai memori (Lilian Too). Namun yang ditangkap oleh pancaindra adalah reaksi, baik melalui penglihatan, pendengaran maupun pancaindra lainnya. Misalnya, "pada suatu hari kita telah membuat orang lain bahagia atau pun sakit hati", tentu orang tersebut akan memberikan reaksi, reaksi itulah yang kita tangkap oleh pancaindra.


    Menurut Lilian Too, reaksi tersebut akan ditangkap oleh panca indra sebagai gelombang sensor, kemudian diteruskan sebagai pulsa listrik melalui jaringan saraf menuju otak. Di otak, reaksi tersebut akan disimpan sebagai tegangan listri tertentu, yang disebit memori.


    Kerja otak ternyata sangat kompleks, Namun, secara umum kita tahu bahwa mekanismenya dalam bentuk pulza listrik. Kerja otak manusia tidak jauh berbeda dengan kerja komputer, tetapi menurut Lilian Too kerja otak berjuta-juta kali lipat dibandingkan dengan komputer, meskipun komputer tercanggih sekalipun. Setiap kali kita berbuat, sebenarnya kita sama saja dengan meng-infut data kedalam memori otak kita. Hanya rekaman atau data yang diterima oleh memori otak tersebut adalah data skunder.


    Lalu, mengapa data yang diterima oleh memori otak merupakan data skunder, sebab yang direkam dalam memori tersebut adalah "reaksi" dari sekitar kita terhadap apa yang kita lakukan bukan "perbuatan" itu sendiri.

    Kemudian memori itu sendiri bersifat tidak langsungkarena sinyal yang masuk tersebut harus melewati pancaindra terlebih dahulu. Padahal panca indra memiliki keterbatasan untuk mengungkap kejadian yang sebenarnya atau memiliki sifat distrosi (penyimpangan) yang besar. Contohnya jika kita melihat sebuah gunung tersebut berwarna hijau karena memiliki banyak pohon. Begitu juga kita melihat rel kereta api, semakin jauh akan kelihatan semakin menyempit dan pada satu titik akhirnya bersatu. Padahal, keadaan yang sebenarnya tidak demikian. 


    Nah, dalam penjelasan sedikit mengenai memori otak pada perinsifnya banyak orang yang tidak tahu dirinya mendominasi otak bagian mana, otak bagian kanan atau otak bagian kiri sebenarnya mengetahui dominasi otak bagian kanan dan juga otak bagian kiri sangat penting sebab kita bisa mengetahui minat dan bakat kita. Otak adalah organ tubuh yang sangat penting