Bagaimana cara Memahami otak? Otak adalah sebuah organ untuk alat berpikir, otak sanganlah berperan penting saat kita berpikir dan otak harus mendapatkan suplaian gizi yang memadai.




Otak adalah salah satu organ tubuh yang sangat vital bagi kehidupan manusia, sama pentingnya dengan organ tubuh yang lain seperti :

  • Jantung
  • Paru-paru
  • Telinga 
  • Hidung 
  • Lidah 
  • Atau mata 

Hasil karya sebuah otak



Namun, Otak memiliki kelebihan yang lebih banyak daripada bagian tubuh yang lain. Dengan otak, manusia mampu menembus batas-batas kemampuannya dalam mengatasi masalah atau hambatan kehidupan. Misalnya, kita ketahui bahwa penciptaan teknologi canggih yang ada di dunia adalah karya dari sebuah otak. Dengan teknologi, hidup terasa lebih mudah dibandingkan dengan cara manual. Ketika manusia tidak mampu menjelajahi dunia dalam waktu yang singkat, manusia dapat menciptakan teknologi sebagai berikut :
- Kapal laut
- Kereta api
- Bis
- Pesawat terbang


dengan teknologi manusia sehingga dapat menjelajahi dunia. Coba bayangkan, seandainya manusia menjelajahi pulau yang satu dengan pulau yang lainnya hanya menggunakan kaki atau berenang, berapa lama waktu yang harus ditempuh?

Peran otak manusia


Mengingat pentingnya otak bagi manusia, salah satu filosof terkenal berkata,"Yang membedakan manusia dengan mahluk lainnya adalah otak sebagai alat berpikir." Semua hewan diberi anugrah otak tetapi mereka tida bisa berpikir panjang atau luas seperti manusia. Hewan melalukan kegiata sehari-harinya hanya dengan insting atau naluri. Oleh karena itu, jika manusia tidak bisa menggunakan otak, manusia itu layaknya hewan, seperti kucing, kambing, atau burung. Kedua mahluk tersebut tidak bisa dilihat perbedaannya. Singkatnya, filosof tersebut mengatakan bahwa manusia adalahhewan yang berpikir.




Selanjutnya Klik