Nah tau kah kalian tentang perbedaan warana kulit? Tuhan menciptakan mahluknya beragam, diantaranya dalam perbedaan warna kulit. Nah sekarang kita akan berbagi ilmu tentang apa itu perbedaan kulit.



Kulit adalah organ terbesar tubuh, terletak paling luar yang membatasi dari lingkungan hidup manusia. Las kulit orang dewasa 1,5 m2 dengan berat kira-kira 15% berat badan. (Beratnya kurang lebih 4,5 kg dan menutupi area seluas 1,67 m2 pada laki-laki dengan berat badan 75 kg).

Lapisan-lapisan Kulit

Lapisan-lapisan pada kulit terbagi menjadi tiga bagian, yaitu lapisan epidermis, dermin, dan lapisan subkutan atau hipodermis.

Epidermis

Epidermis adalah bagian terluar kulit. Epidermis tersusun dari jaringan epitel skuamosa bertingkat yang mengalami pengerasan. Jaringan ini tidak mempunyai pembuluh darah. Sel-selnya sangat rapat. Bagian epidermis yang paling tebal dapat ditemukan pada telapak tangan dan telapak kaki.

Dermis

Dermis dipisahkan dari lapisan epidermis dengan adanya membran dasar atau lamina. Lamina tersusun dari dua lapisan jaringan ikat, yaitu:
  1. Lapisan papilar. "Lapisan papilar adalah jaringan ikat areolar renggang. Lapiasan ini mengandung banyak pembuluh darah yang memberi nutrisi pada epidermis yang berada di atasnya".
  2. Lapisan retrikular. "Lapisan ini terletak lebih dalam dari pada lapisan papilar. Lapisan retrikular tersusun dari jaringan ikat iregular yang rapat, zat perekat (kolagen), dan serat elastis".  

Lapisan Subkutan atau Hipodermis

Lapisan subkutan mengikat kulit secara longgar dengan organ-organ yang terdapat dibawahnya. Di lapisan ini banyak terdapat pembuluh darah, ujung saraf, dan sel lemak. Jumlah sel lemak bergantung pada area tubuh dan nutrisi masing-masing orang.

Tiap-tiap orang mempunyai warna kulit yang berbeda. Perbedaan itu terjadi akibat beberapa faktor, yaitu :

  • Melanosit. Melanosit terletak di lapisan epidermis. Melanosit bertugas memproduksi pigmen melanin. Pigmen ini memberi warna kulit dari cokelat sampai hitam.
  • Darah. Darah dalam pembuluh dermal di bawah lapisan epidermis pada orang berkulit putih dapat terlihat dari permukaan. Penampakan itu menghasilkan pewarnaan merah muda.
  • Karotin. Karotin adalah pigmen kuning. Karotin ini hanya ditemukan pada lapisan epidermis serta dalam sel lemak dermis dan hipodermis.


Derivatif Kulit:

  1. Kuku
  2. Rambut
  3. Kelenjar keringat
  4. Kelenjar sebasea


Selanjutnya pembahasan

Sistem Otot Manusia
Anatomi Tubuh Manusia
Jaringan Tubuh Manusia
Sistem Reproduksi